CANDY REDIS : PENGATURAN DATA MASTER

Diposting pada

BACADIGITAL.COM – Setelah sukses instalasi Aplikasi Candy Redis pada localhost, silahkan login terlebih dahulu sebagai admin pada : localhost/namafolder/crew (nama folder sesuaikan dengan folder aplikasi candyredish) dengan memasukan username : admin dan password : admin.

Dan tampil halaman dashboard admin pada gambar.

Selanjutnya hal pertama yang harus dilakukan oleh Admin / Operator adalah : setting data master. Setting data master di candy redis sangat berpengaruh dan harus teliti karena kesalahan data master berpengaruh kepada data lainnya. Apabila ada kesalahan dalam data master ketika diupload kembali menghapus semua data yang ada. Saran lebih baik teliti dalam membuat data master adalah kunci agar aplikasi berjalan dengan sempurna. Setting Data Master tidaklah beda jauh dengan setting candy original hanya beberapa penyesuaian saja tetapi pada intinya tetap sama.

Langkah pertama dalah menghapus semua data bawaan dari candy redis di menu PENGATURAN pilih HAPUS DATA , kemudian Checklist, masukkan password admin lalu Klik KOSONGKAN. Langkah demi langkah dapat dilihat pada gambar dibawah.

Setelah data bawaan terhapus, langkah selanjutnya adalah menghapus data guru di menu MANAJEMEN USER. Pada menu MANAJEMEN USER pilih DATA GURU, checklist (centang) pada nama guru dan klik HAPUS DATA GURU DIPILIH sesuai gambar langkah-langkah dibawah.

Kembali ke menu dashboard admin, kemudian pilih Menu DATA MASTER, terlihat gambar halaman DATA MASTER.

Pilih DOWNLOAD FORMAT lihat di Menu Download pada browser atau pojok kiri bawah pada browser terlihat download format data upload Excel dan buka di APLIKASI OFFICE EXCEL. Isikan data master sesuai dengan format data. Adapun tampilan importdatamaster.xlsx sebagai berikut :

  • Untuk jenjang SD/SMP kolom JURUSAN bisa dikosongkan saja atau diisikan semua
  • Pada kolom foto sesuaikan nama foto dengan nama file foto.
  • Hindarkan penulisan nama siswa menggunakan tanda kutip  (contoh AHMAD SYA’RIF) yang mengakibatkan data user tidak masuk ke database. sebaiknya tanda kutip dihilangkan saja.
  • untuk Kolom Agama perhatikan format hurufnya jangan diisikan Islam, I,  dan sebagainya. Ikuti petunjuk format dalam pengisian agama (contoh yang benar : islam, protestan, katolik, hindu, buddha, khonghucu).
  • Untuk Kolom LEVEL isikan sesuai jenjang bisa 7, 8, 9 atau VII, VIII, IX
  • Pada kolom KELAS isikan sesuai level menjad 7.1 dst, 8.1 dst, 9.1 dst, jika memakai angka romawi isikan VII-1 dst, VIII-1 dst, IX-1 dst. Perlu diperhatikan apabila kolom LEVEL diisikan angka maka kolom kelas disesuikan dengan angka, dan apabila diisikan huruf maka sesuaikan dengan huruf. (lihat contoh format isiannya)
  • Untuk kegiatan ujian sekolah atau penilaian semester. Pada kolom PAKET isikan A jika tidak ada soal PAKET B, C dst. Jika ada tinggal ketik B, C dan D.  Pada hosting biasanya saya membuat domain per kelas. Domain elearning per kelas dan domain ujian per kelas. sehingga jelas peruntukan domain untuk elearning diisikan kolom Paket menjadi A semua. Sedangkan pada ujian tergantung dari kebijakan sekolah mau menggunakan Mode Soal PAKET A, B, C atau hanya PAKET A saja.

Apabila dirasa sudah benar sesuai dengan format import data master maka upload file tersebut ke menu IMPORT DATA MASTER dengan klik PILIH FILE, pilih File importdatamaster yang sudah diinput kemudian klik IMPORT DATA. akan ada keterangan sukses  berapa jumlah murid yang sudah terupload dan berapa yang gagal jika sesuai maka telah sukses mengupload data master  dan bisa dilihat melalui tahapan gambar dibawah

Apabila proses upload data master berhasil bisa diliat di Menu Peserta pada gambar berikut.

Silahkan di cek juga pada menu Data Master yaitu DATA JURUSAN, DATA KELAS, DATA RUANGAN, DATA SESI dan DATA SERVER sudah terinput otomatis pada saat mengupload data master. Sekali lagi diingatkan agar mengisi data master dengan teliti dan benar.

Demikianlah tutorial import data master, untuk artikel selanjutnya adalah tutorial DATA NAMA PELAJARAN, DATA GURU MAPEL, dan setting pada Menu PENGATURAN. Terima kasih telah mengikuti tutorial ini semoga dapat membantu dan memudahkan admin untuk pengaturan data master.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *