REVIEW ROUTER XIAOMI 4A GIGABIT EDITION

Diposting pada

BACADIGITAL.COM Kegiatan ujian berbasis komputer (CBT) terutama berbasis jaringan wireless (wifi) semakin meningkat ditambah banyak aplikasi CBT yang gratis ataupun berbayar (iklan : Gunakan Candy Redis V2.1.2 ūüėÄ). Banyak teknisi sekolah / jaringan yang bingung mengenai kebutuhan router apa saja yang ramah di kantong dan cocok untuk kegiatan ujian berbasis komputer.

Dalam pembuatan jaringan komputer untuk ujian berbasis komputer sedikit tips pilihlah bahan yang terbaik terutama untuk kabel gunakanlah yang outdoor (ftp) dan networking (switch hub 10/1000 MBPS) karena kalau memilih bahan yang biasa saja, kendala dalam pengiriman data  berakibat lambat dan aplikasi tidak responsif pada klien serta pengeluaran biaya atau budget yang bertambah karena harus mengganti / mengulang pembuatan keseluruhan jaringan disebabkan hardware yang kurang baik.

Kesulitan utama yang umumnya dirasakan oleh teknisi  adalah memilih router handal tetapi ramah di kantong karena pernah membeli router yang murah tetapi hanya cukup untuk 25 peserta dari 36 peserta (1 kelas = 36 peserta) yang dilakukan secara serentak / simultan dan mengakibatkan peserta yang lain tidak bisa login atau mengerjakan soal. Setelah selesai mencari di beberapa marketplace akhirnya terpilih 2 kandidat dan karena beberapa pertimbangan akhirnya memilih Router Xiaomi 4A Gigabit Edition

Pada artikel kali ini membahas tentang router xiaomi 4A Gigabit Edition yang cukup untuk membawa 30 – 40 user (dalam 1 kelas) walaupun dalam spesifikasi bisa mengangkut 64 Perangkat, tetapi menurut penilaian saya mungkin bisa dengan syarat dan kondisi yang berlaku, dengan harga yang menurut saya ramah di kantong dan powerfull untuk kegiatan ujian berbasis komputer dan untuk usaha hotspot skala kecil.

SPESIFIKASI

Adapun Spesifikasi umum dari Router Xiaomi 4A Gigabit Edition adalah :

  • Processor MT7621A Dual Core 880 MHZ
  • Memory 128 MB
  • 4 Antena Omni Direksional 2 x 2,4 G dan 2 x 5G
  • 2x Port Wan dan 1x Port LAN masing masing mendukung Gigabit, 10/100/1000 Mbps

APA YANG ADA DIDALAM BOX 

Yang ada didalam box pada router Xiaomi 4A Gigabit Edition adalah :

  • Box Router
  • Router
  • Kabel Power
  • Buku Manual

Tidak ada yang istimewa cenderung biasa dan terkesan simpel dan menghemat biaya.

TIPS : Tanyakan terlebih dahulu kepada penjual untuk Gigabit Edition dan International Version, jangan sampai membeli Basic Edition dan mendapatkan China Version. Perbedaan utama adalah pada BOX KARDUS ROUTER XIAOMI tertulis dengan BAHASA INGGRIS bukan BAHASA CHINA dan berdasarkan informasi dari web searching apabila di reset Router tidak terdapat BAHASA INGGRIS (Correct Me If Im Wrong).

Bagian Depan dan Belakang Box

Kelengkapan dan Isi Dalam Box

DESAIN 

Desain pada xiaomi 4A Gigabit Router  dengan bodi tipis (slims) berukuran persegi panjang dengan Panjang 20 cm dan Tinggi 12 cm dengan sudut membulat pada setiap lekukan. Pada bagian sisi / samping mempunyai ketebalan dengan sudut miring 10 mm dan 5 mm,

Pada bagian bawah terlihat air flow atau ventilasi untuk membuang panas dan sepertinya kurang efektif apabila ditaruh dalam posisi vertikal atau posisi duduk sehingga panas terhambat oleh dudukan mengakibatkan menutup aliran udara akan tetapi kekurangan tersebut ditutupi dengan ventilasi pada bagian belakang untuk membuang panas.

Terdapat 4 antena yang terdiri dari 2 x 2,4 GHZ (5 dBi) 300 Mbps dan 2 x 5 GHZ (6 dBi) 867 Mbps yang artinya 2 antena membawa Frekuensi 2.4 GHZ dengan gain sebesar 5 dBi dengan membawa bandwith sebesar 300 Mbps dan 2 antena lagi membawa frekuensi 5 GHZ (5 G) dengan gain sebesar 6 dBi dengan membawa bandwith 867 Mbps. Pada frekuensi 2.4 GHZ mendukung channel 1 s.d. 13 Chanel, dan yang membuat kecewa adalah untuk Frekuensi 5 GHZ hanya mendukung chanel 36, 40, 44, dan 48 saja sehingga pastikan perangkat smartphone anda mendukung chanel tersebut.

   

Gambar : Sebelah Kiri Frekuensi 2.4 GHZ, Sebelah Kanan Frekuensi 5 GHZ

Untuk pemancaran kekuatan sinyal bisa diatur rendah, sedang atau kuat untuk pancaran sinyalnya.

Untuk bagian belakang terdapat 3 ventilasi untuk pembuangan panas apabila posisi vertikal atau duduk, terdapat 1 port WAN dan 2 Port Lan masing masing port sudah mendukung GIGABIT Port. Port WAN berguna untuk menghubungkan ke modem internet dan port Lan untuk ke switch hub apabila port yang dibawa dirasa kurang. Dan sayangnya hanya ada pilihan produk berwarna putih tidak ada warna lain sehingga gampang cepat kusam atau kotor apabila pemakaian lama, untuk lebih lengkapnya terlihat pada gambar dibawah.

 

PENGOPERASIAN DAN APLIKASI PADA MENU UTAMA 

Mengusung sistem operasi berbasis Open WRT yang sudah teruji kehandalannya, pada saat pertama kali dinyalakan indikator lampu berwarna orange dan router siap digunakan dengan indikator lampu berwarna biru.

Untuk menghubungkan dan menuju settingan router harus terkoneksi internet terlebih dahulu untuk sekali saja yang berguna untuk aktivasi pendaftaran atau registrasi secara otomatis terlihat pada ilustrasi gambar dibawah ini.

Gambar : Sebelum terkoneksi internet tidak bisa ke menu pengaturan selanjutnya

Untuk menu lanjutan dan setelah terkoneksi ke internet terlihat pada gambar. Untuk pengaturan manual bisa melalui IP 192.168.31.1 dengan password wifi sama dengan password admin dan bisa diatur pada menu pengaturan lanjutan di pengaturan IP Router Web tersebut.

Gambar : Setelah terhubung dengan jaringan internet ke menu pengaturan selanjutnya dan memberikan password wireless sekaligus menjadikan password admin (contoh password : router1234)

Tampilan Login dan Dashboard pada Router

Tampilan Menu Status (Dashboard)

Tampilan Menu Settings pada Dashboard

Tampilan Menu Advanced pada Dashboard

Berdasarkan pengalaman di lapangan sebelum pandemi corona untuk pengujian cukup stabil dalam menjalankan aplikasi candy cbt (memakai candy cbt 2.4 Mod Versi Nano) cukup untuk mengangkut 1 kelas dengan rata – rata 36 peserta. Sangat stabil dan kuat karena didukung prosesor dan hardware yang kokoh dilihat dari keterangan di situs web https://www.mi.co.id/id/mi-router-4a-gigabit-edition/overview . Sayangnya untuk screenshot atau gambar perangkat terkoneksi belum bisa diambil dikarenakan belum melakukan ujian cbt berbasis offline dan kegiatan tatap muka masih terbatas.

KESIMPULAN

Apakah router ini bisa diandalkan untuk kegiatan ujian cbt berbasis offline, berdasarkan pengalaman menggunakan perangkat ini bisa diandalkan, dengan harga yang ramah di kantong, kecepatan dan pancaran sinyal yang stabil bisa diatur dari lemah, sedang dan kuat. Kekurangan terdapat pada koneksi pertama kali harus menggunakan sambungan internet, pada bagian port LAN yang sangat sedikit pada router, dan frekuensi chanel 5 GHZ yang terbatas, tetapi untuk frekuensi chanel 2.4 GHZ mendukung sampai dengan 13 chanel yang masih saat ini digunakan banyak smartphone sehingga tidak ada masalah untuk kompabilitas perangkat. Apakah layak dibeli  semua tergantung dari keputusan pembaca tentunya.

Tuntas sudah review Router Xxiaomi 4a Gigabit Edition ini dan perlu diketahui review ini saya lakukan secara mandiri atau membeli sendiri bukan bertujuan untuk mengiklankan produk tertentu. Semoga membantu para teknisi untuk menentukan router yang pas dan cocok untuk berbagai kegiatan yang berhubungan dengan jaringan. Terima kasih telah membaca dan tunggu artikel menarik selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *