Tugas dan Fungsi Sebagai Kepala Desa

Diposting pada

Hal yang menyangkut tugas dan fungsi kepala desa tidak luput dari saat kita memilih seorang kepala desa berdasarkan kepribadiannya yang baik, dan dengan visi misinya yang baik pula yang dipandang cocok untuk diangkat sebagai pemimpin. Tetapi, siapapun yang kita pilih sebagai kepala desa sudah seharusnya paham apa tugas dan tanggung jawabnya.

Tugas dan fungsi kepala desa

Adapun tugas dan fungsi kepala desa secara eksplisit pasal 26 ayat (1) yaitu ada 4 tugas utama Kepala Desa

Tugas Kepala Desa adalah :

  1. Kepala desa berkedudukan untuk menyelenggarakan pemerintahan desa
  2. Kepala desa dapat melaksanakan pembangunan desa
  3. Melakukan pembinaan masyarakat desa
  4. Melaksanakan pemberdayaan masyarakat desa

Sedangkan Fungsi Kepala Desa itu sendiri adalah :

  1. Menetapkan peraturan di desa dan menyelenggarakan pemerintahan desa, misalnya melakukan upaya perlindungan masyarakat, pembinaan masalah pertanahan serta penataan dan pengelolaan wilayah, serta dapat mengelola keuangan dan aset desa.
  2. Melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana perdesaan dalam bidang pendidikan dan juga kesehatan untuk masyarakat desa.
  3. Melaksanakan pembinaan masyarakat seperti membina dan melestarikan nilai sosial budaya masyarakat, serta hak dan kewajiban masyarakat.
  4. Melaksanakan pemberdayaan masyarakat serta lembaga kemasyarakatan desa.
  5. Menjalin hubungan kerja sama dengan lembaga masyarakat seluruh pemangku kepentingan desa. Dan bertugas menyelenggarakan pemerintahan desa, pembinaan masyarakat, serta pemberdayaan masyarakat.

TUGAS dan FUNGSI SEBAGAI SEKRETARIS DESA

Tugas sebagai sekretaris desa adalah membantu kepala desa di bidang administrasi pemerintahan desa serta melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh kepala desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Selanjutnya fungsi dari sekretaris desa, yaitu :

  1. Pengkoordinasi terhadap tugas dan fungsi masing-masing perangkat desa
  2. Melaksanakan urusan administrasi keuangan pemerintahan desa, administrasi surat menyurat, dan kearsipan data.
  3. Penyedia sarana dan prasarana perangkat desa dan kantor, pengumpul bahan dalam persiapan rapat, dan pelayanan umum.
  4. Melaksanakan evaluasi dan monitoring tugas-tugas kesekretariatan
  5. Menyusun laporan pemerintahan desa.

Sebagai seorang kepala desa yang berada di nomor satu dalam struktur pemerintahan desa, memang mempunyai tugas dan fungsi luas secara menyeluruh dalam aspek kehidupan pemerintahan desa. Sehingga seorang kepala desa dapat mengaksesibilitas kekuasaan baik dari luar maupun ke dalam. Namun, ada pula resiko yang harus dipertanggung jawabkan sebagai seorang kepala desa. Karena, pusat berbagai keputusan dan laporan penyelenggaraan pemerintahan desa adalah melalui kepala desa itu sendiri.

Tetapi, dengan menguasai Tugas dan Fungsi Kepala Desa akan memberikan pemahaman dan gambaran seperti apa kinerja sebagai seorang kepala desa semestinya. Begitu pula Tugas dan Fungsi Sekretaris desa yang berperan membantu administrasi pemerintahan desa dan tugas lain yang akan diberikan oleh kepala desa sesuai peraturan yang berlaku.