TUTORIAL TERBARU INSTALASI LARAGON

By | 29 Agustus 2020

Setelah sebelumnya penulis membuat tutorial instalasi Web server Xampp dan aplikasi berbasis web. Kali ini penulis membuat tutorial instalasi web server alternatif Laragon. Laragon sangat powerful untuk aplikasi berbasis web modern. Adapun keunggulan laragon dibanding Xampp menurut referensi yang saya baca adalah sebagai berikut :

  1. Aplikasi sangat ringan dan portabel
  2. Mempunyai pretty url yang mana kita untuk mengakses project cukup mengetik app.test tanpa harus mengetik localhost/app contoh : kita cukup mengetik domain.test ketimbang localhost/domain. dan membuat domain yang unik serta gampang diingat.
  3. Bersifat portabel, laragon dapat dipindahkan ke lain PC / Notebook tanpa merusak sistem yang ada.
  4. Aplikasi laragon sangat powerful untuk mengembangkan aplikasi modern, kita bisa menjalankan aplikasi web bersama seperti Phpmyadmin dan Nginx.
  5.  Operasi yang sangat mudah dalam mengupdate versi PHP, Maria DB dan aplikasi aplikasi tambahan lainnya  tanpa merusak sistem.

Nah itu keunggulan laragon dan xampp. mari kita lanjutkan cara penginstalan Laragon langkah demi langkah agar user yang baru bisa memahami proses penginstalasi aplikasi.

Seperti biasa download terlebih dahulu aplikasi laragon di https://laragon.org/download/index.html seperti pada tampilan dibawah ini :

Ikuti petunjuk yang ada dan pilih Laragon Full (130 MB) kemudian klik yang berwarna biru dan download seperti pada gambar dibawah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tunggu beberapa saat sambil menyiapkan kopi + cemilan itu lebih baik. Usahakan jangan memikirkan mantan sembari menunggu :D. Oke lanjut begini hasilnya apabila telah selesai di folder download.

Kemudian dobel klik pada aplikasi laragon-full, pilih bahasa (default : english) klik OK lalu klik Next seperti pada tampilan dibawah ini :

Pilih Lokasi Folder Laragon (biarkan default di disk C:\laragon) kemudian klik Next seperti pada gambar dibawah

Checklist settingan yang akan dijalankan oleh Laragon pada saat pertama kali dijalankan atau selesai instalasi.

Run Laragon when windows start mempunyai arti menjalankan aplikasi laragon pada saat OS Windows berjalan.

Auto virtual host mempunyai arti Laragon akan membuat virtual host otomatis dan memberikan urlpretty pada project (aplikasi) yang sedang dibuat.

Quick ways to open Text Editor & Command Prompt mempunyai arti pada saat klik kanan pada mouse Laragon akan memberikan Opsi shortcut aplikasi Notepad ++ (untuk mengedit file coding) dan masuk melalui command prompt.

Untuk kasus ini penulis memberikan checklist seperti pada gambar dibawah ini :

Kemudian klik Next, lalu klik Instal seperti pada gambar dibawah :

Kemudian Instalasi sedang berjalan seperti pada gambar dibawah, lanjut ngopi dan ngemil sembari menunggu proses yang sedang berjalan …

Setelah proses berjalan kini telah selesai proses instalasi, biarkan default checklist (Run Laragon) agar Laragon langsung  berjalan pada saat di klik Finish seperti pada gambar dibawah ini

Setelah di Klik Finish. Laragon akan berjalan otomatis seperti pada gambar dibawah

Tampilan proses Aplikasi Laragon pada sistem icon tray :

Kemudian Klik Start All pada control panel Aplikasi Laragon, kemudian akan tampil windows firewal untuk izin akses keamananan biarkan default, klik Allow Access pada Apache HTTP Server seperti pada gambar dibawah

Pada Windows Securiy Alert pada servis mysqld klik Allow Access seperti pada gambar dibawah ini

Tunggu beberapa saat, dan akhirnya selesai menginstalasi laragon dengan sukses. Pada aplikasi browser (Chrome, Edge, Firefox) ketik Localhost di kolom browser dan tampil seperti pada gambar dibawah

Penulis sendiri pernah membuat testing dalam menggunakan aplikasi web server antara Xampp dan Laragon. Dengan menggunakan Aplikasi CBT yaitu Candy CBT 27 dengan Xampp dan Laragon di Windows 7 64 bit. Kelebihannya laragon mampu membawa banyak user dibandingkan Web Server Xampp. Aplikasi lebih gegas dalam menjalankan ketimbang Web Server Xampp. Modul yang bisa ditambahkan PHP yang bisa diupdate sewaktu waktu dan tidak menggangu Operating System. Adapun kekurangannya apabila mati listrik ketika sedang berjalan berdasarkan pengalaman dalam menjalankan Candy CBT V27 pada waktu itu mati listrik dan saya lupa memasang UPS mengakibatkan database rusak atau corrupt sedangkan Xampp tidak. Untuk itu backup dan UPS sangat perlu untuk kegiatan CBT mencegah sewaktu sewaktu mati listrik apabila menggunakan web server Laragon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *