UNBOXING HUAWEI WIFI WS5200 (NEW)

Diposting pada

BACADIGITAL.COM Ditengah persaingan ketat produk produk jaringan khususnya produk router yang bagus dan sesuai dengan tipikal kantong warga +62 ūüėÄ dan yang membuat saya tertarik untuk mencoba sebuah router dari Huawei dengan membaca fitur dan kemampuan yang dimilikinya pada website resmi huawei.

Merk Huawei lebih dikenal di Indonesia melalui seri smartphone Premiumnya yang baik dan bagus kualitasnya. Huawei merupakan penyedia infrastruktur jaringan teknologi informasi dan komunikasi serta cloud yang berkomitmen untuk menyediakan teknologi digital yang terintegrasi kepada setiap orang.

Pada artikel kali ini saya akan mengunboxing sebuah produk router wifi dari Huawei yaitu type Huawei Wifi WS5200 (NEW).

 

DIMENSI ROUTER

Dengan mengusung dimensi panjang 205 mm, lebar 120 mm, tebal 39 mm dan 4 antena eksternal high gain yang mana 2 antena  2,4 ghz maksimal 400 MBPS dan 2 antena 5 GHZ untuk 867 MH untuk 2.4 GHZ mendukung sampai 13 chanel dan untuk 5 GHZ mendukung chanel 36 sampai 64 chanel, serta bentuk agak sedikit miring terkesan ramping dan stylish dan saluran untuk pembuangan panas terletak dibagian bawah dan belakang router tersebut serta 1 tombol reset dan 1 tombol indikator menyala apabila berwarna hijau menandakan koneksi internet dan berwarna orange belum koneksi internet atau belum dibuat pengaturan. Untuk gambar perangkat terlihat pada gambar dibawah.

 

KELENGKAPAN BARANG

Bisa terlihat pada gambar untuk kelengkapan barang hanya tersedia standar saja, terdiri dari Box Router, Perangkat Router, Kabel Power Adapter dan Buku Manual, kekurangan hanya tanpa adanya kabel LAN.

 

KONEKTIVITAS, HARDWARE DAN FITUR

Untuk konektivitas jaringan kabel LAN sudah mendukung 1 Port Wan Gigabit dan Port LAN Gigabit menghadirkan kecepatan yang tinggi untuk perangkat smartphone, tablet, komputer dan laptop cukup untuk kegiatan online seperti belajar, bermain dan aktifitas online lainnya.

Mengusung hardware dual core CPU Hi5651L, 1,2 G Processor ditambah Ram 128 MB DRAM + 128 MB Flash, berdasarkan keterangan yang saya baca di web resmi huawei cukup untuk mengkoneksikan hingga 64 perangkat walaupun pada kenyataannya pada penggunaan di lapangan berbeda-beda. Menurut pengalaman saya uji coba cukup untuk koneksi 30 s.d. 38 perangkat secara bersamaan (maaf lagi-lagi saya tidak mendokumentasikan dikarenakan lupa dan waktu itu saya sendiri repot menjelaskan kendala penggunaan aplikasi exambro untuk siswa jadi agak lupa karena situasi :D). Disertai dengan hanya satu tombol untuk konektifitas dan pengaturan pada tombol HI LINK berfungsi apabila membeli perangkat huawei dengan type yang sama cukup untuk mengatur di 1 pengaturan di perangkat router menjadikan perangkat lainnya otomatis mengikuti pengaturan pada 1 perangkat tersebut. Memudahkan administrator jaringan untuk mengelola pengaturan router lebih mudah karena cukup 1 setting pada perangkat router otomatis settingan tersebut diikuti oleh perangkat lainnya dan bisa juga fitur tersebut dinonaktifkan jika menginginkan setting secara manual.  Dan bisa juga mengatur pengaturan menggunakan aplikasi dari android yang bernama HUAWEI AI LIFE APP cukup download aplikasi tersebut dan bisa mengatur pengaturan modem dengan mudah.

Menurut saya, ini adalah keunggulan dari router huawei adalah fitur koneksi yang telah saya jelaskan diatas dan apabila masuk ke dalam halaman web pengaturan router masih banyak lagi fitur-fitur umum pada router  sesuai pada tampilan gambar dibawah.