REVIEW UMUM PENGALAMAN MEMAKAI VPS LUAR NEGERI CONTABOO

Diposting pada

BACADIGITAL.COM Kebutuhan akan performa dan kecepatan dalam mengelola sebuah website sangat penting. Website cepat dan stabil dapat meningkatkan jumlah pengunjung tanpa harus menunggu lama.  Selain shared hosting untuk kebutuhan website bisa juga menggunakan VPS (Virtual Privat Server) yang tentu saja lebih baik dari segi performa dibandingkan dengan layanan shared hosting walaupun dari sisi harga jelas lebih mahal. Kali ini mereview tentang pengalaman membeli VPS di Contabo dan penggunaannya untuk berbagai kebutuhan terutama untuk server ujian atau elearning bukan karena tidak percaya pada produk indonesia tetapi lebih ingin mendapatkan pengalaman mencoba vps luar negeri. Karena penulis sudah mendapatkan kartu JENIUS dari BANK BTPN (bukan bau bau promo ya om dan tante ane kagak dibayar :D) sayang sekali tidak dimanfaatkan untuk pembelian atau transaksi luar negeri sekaligus berbagi pengalaman kepada para pengunjung.

Contaboo adalah perusahaan penyedia layanan servers dari German yang berdiri sejak 2003 yang awalnya bernama Giga International dan pada tahun 2013 mengubah namanya menjadi Contaboo. Berdasarkan dari info website Contaboo memiliki 10.000 server  dan data center yang tersebar di Amerika, Jerman dan Singapore.

PEMESANAN DI CONTABO

Menuju ke website https://contabo.com/en/ tampil halaman dan layanan yang disediakan oleh contaboo.

Kemudian pilih menu VPS terlihat sub menu dari menu VPS tadi yaitu High Performance VPS, Storage VPS, Virtual Dedicate Server.

Disini penulis memilih High Performance VPS. dan tampil halaman menu High Performance VPS dengan harga sesuai pada gambar.

Silahkan memilih VPS sesuai dengan kebutuhan dalam hal ini saya memilih VPS M yang mempunyai spesifikasi 6 Core, RAM sebesar 16 GB, Harddisk NVME sebesar 100 GB , 2 Snapshot dan Trafik sebesar 32 TB yang menurut saya cukup lumayan. Kemudian kita pilih SELECT akan tampil halaman pendaftaran  dan pemesanan (apabila member / anggota baru).

Pada nomor 2 pilih REGION, karena berlokasi di Indonesia agar latency tidak terlalu lama maka pilih SINGAPORE

Pada nomor 3 STORAGE TYPE pilih sesuai kebutuhan, disini saya memilih 100 GB NVME (FREE) tanpa tambahan biaya. Pada nomor 4 IMAGE pilih IMAGE untuk  berbagai sistem operasi (LINUX, WINDOWS, CENTOS) dan Panel Admin / Web (CPANEL dan PLESK) pilih sesuai keinginan, saya memilih menggunakan CENTOS 7 tanpa menggunakan Panel.

Untuk nomor 5 NETWORKING dan untuk nomor 6 ADD ONS biarkan saja default karena apabila menambahkan IPv4 dan ADD ONS akan dikenai biaya tambahan. dan disamping kanan layar akan tertera berapa biaya keseluruhan seperti pada gambar kemudian pilih NEXT

Jika member baru akan diarahkan ke halaman pendaftaran dan invoice dan silahkan isi sesuai data diri anda. pastikan alamat email dan nomor telepon benar. karena ini vps luar negeri agak sulit untuk melakukan komplain dikarenakan kendala bahasa. Jika kamu pengguna JENIUS tinggal masukkan saja nomor kartu dan nomor tanggal dan tahun serta nomor CVV. Setelah melakukan pendaftaran dan pemesanan silahkan cek Email yang telah didaftarkan disana diberikan informasi mengenai status vps dan user login untuk root dan web contaboo.

REVIEW UMUM MENGGUNAKAN VPS CONTABOO

Karena penulis sendiri adalah pemula yang digunakan hanya sebatas mengetahui jenis virtualisasi apakah KVM atau OpenVZ dan pengukuran kecepatan stabil upload dan download menggunakan aplikasi speedtest.

Mengetahui KVM atau Open VZ

Login melalui SSH dan masukkan username dan password root sehingga tampil sebagai berikut :

Kemudian ketikkan perintah :

yum install virt-what

Setelah instalasi selesai maka ketikkan perintah

virt-what

Akan tampil keterangan VPS yang dipakai yaitu KVM sesuai gambar.

Menggunakan Aplikasi Speedtest

Untuk mendownload aplikasi silahkan menuju ke halaman https://www.speedtest.net/id sehingga tampil halaman web nya dan kemudian memilih menu CLI sesuai gambar

Pilih sesuai OS. karena VPS menggunakan CENTOS maka pilih FEDORA/CENTOS/REDHAT

Kemudian pada vps ketikkan perintah :

curl -s https://install.speedtest.net/app/cli/install.rpm.sh | sudo bash

Langkah selanjutnya setelah proses download aplikasi kemudikan ketikkan perintah :

sudo yum install speedtest

Jika baru pertama kali maka akan ditanya mengenai User Agreement / Privacy Policy ketik YES,  dan proses instalasi akan berlangsung. Setelah proses instalasi selesai kita ketikkan

speedtest

Maka akan tampil hasil upload dan download dari VPS contaboo

Terlihat dari beberapa pengetesan sejauh ini bandwith upload dan download stabil.

Sekian review nya semoga membantu para pengunjung dan tunggu review menarik selanjutnya. terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *